Service berkala motor

Sepeda motor yang  kita pakai setiap hari, tentunya harus memerlukan  service dan perawatan agar tetap terjaga kinerja dan performa mesinnya dengan  sempurna, sehingga nantinya tidak mendatangkan masalah, baik yang ringan seperti mesin susah untuk dihidupkan atau pun mengalami kerusakan  berat di bagian dalam mesinnya. Jadi hendaklah kita melakukan service dan perawatan motor secara  berkala bisa 1 bulan  atau 1/2 bulan sekali ke bengkel, menurut  seberapa jauh jarak yang telah  di tempuh dan beban kerja motor. Namun ini bisa kita lakukan service sendiri jika bersifat hal yang ringan saja, seperti memeriksa busi dan kalbulator, ganti olie mesin, memeriksa kondisi lampu-lampu motor, baik lampu utama, sein, break, lampu senja, lampu sorot dan alat-alat fungsi motor lainnya.

Service dan perawatan busi

Busi merupakan alat  vital untuk membuat mesin dapat hidup.Disini  fungsinya untuk menghasilkan loncatan bunga api listrik yang membakar kabut bahan bakar dari kalbulator. Jadi sering-seringlah memeriksa kondisi busi dan membersihkannya, bisa seminggu sekali atau mungkin  kurang menurut perasaan  waktu awal kita ingin menjalankan motor, apakah mudah dihidupkan atau susah dapat kita rasakan. Adapun cara untuk memeriksa busi adalah sebagai berikut :

1. Lepaskan kop kabel busi dari businya,kemudian lepaskan busi yang ada di kepala selinder  dengan menggunakan kunci busi yang dimiliki.

2. Kemudian pasang kembali busi ke kop kabel busi kemudian kita stater atau dengan cara menendang-nendang kick stater, sedang kepala busi kita taruh ke body mesin.

3. Periksa loncatan api yang dihasilkan, apakah berwarna biru pijar dan terfokus pada satu titik saja dan tidak menyebar, jika tidak berarti kondisinya sudah rusak atau mau mati.

4. Perhatikan pula jarak kerenggangan busi yaitu jarak antara elektroda inti dan massa yang menghasilkan loncatan listrik paling panas, dimana jarak yang paling tepat adalah sekitar 0,60 mm-0,70 mm.

5. Perhatikan pula kondisi busi dalam proses pembakarannya, jika busi berwarna kecoklatan dan bersih berarti proses pembakaran sempurna, kalau  busi berwarna hitam basah  artinya ada olie yang ikut terbakar, dan bila hitam kering berarti pemakaian bahan bakar yang boros, atau busi berwarna keputih-putihan artinya sangat panas dan harus diganti dengan busi tingkat panas yang sesuai.

kiranya ini saja dulu yang dapat saya berikan tentang service dan perawatan busi moga bermanfaat.Jika anda yang punya pengetahuan lebih silahkan berbagi dan kasih komentarnya.

Tentang aluey

Orang yang simple dan sederhana..tidak banyak tingkah..apalagi yang berlebihan, suka pada hal yang wajar dan biasa namun tidak berarti menolak terhadap segala yang membuat diri lebih maju dari keadaan sekarang, dan yang telah diperoleh.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s